EVALUASI
KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA
EFEK-EFEK EKONOMIS
KOPERASI
Salah satu hubungan penting yang dilakukan koperasi adalah dengan
anggota-anggotanya yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa
koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan simpanan
yang telah di serahkan apakah menguntungan atau tidak. Kalau anggota sebagai
pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang atau jasa
menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual/pembeli diluar
koperasi. Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan
pelayanan perusahaan koperasi :
·
Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
·
Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga,
syarat-syarat yang lebih menguntungkan di banding yang diperoleh dari
pihak-pihak lain di luar koperasi.
EFEK HARGA dan EFEK BIAYA
Partisipasi anggota sangat menentukan keberhasilan koperasi, sedangkan
tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya
besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara normatif. Kemanfaatan ekonomis
yaitu berupa pelayanan barang jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien atau
adanya pengurangan biaya, di perolehannya harga menguntungkan serta penerimaan
bagian dari keuntungan baik secara tunai maupun dalam bentuk barang. Jika
dilihat dari peranan anggota koperasi, maka satiap harga yang ditetapkan
koperasi harus dibedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non
anggota
ANALISIS HUBUNGAN EFEK EKONOMIS & KEBERHASILAN
KOPERASI
Dalam badan usaha
koperasi, bukan hanya laba saja yang dikejar oleh manajemen tetapi juga aspek
pelayanan. Di tinjau dari konsep koperasi fungsi laba bagi koperasi tergantung
pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya.
Semakin tinggi partisipasi anggota maka idealnya semakin tinggi manfaat yang
diterima oleh anggota. Keberhasilan koperasi ditentukan oleh salah satu
faktornya adalah partisipasi anggota yang berhubungan erat dengan efek ekonomis
koperasi yaitu manfaat yang di dapat oleh anggota.
PENYAJIAN &
ANALISIS NERACA PELAYANAN
Di sebabkan oleh
perubahab kebutuhan dari anggota dan perubahan lingkungan koperasi. Ada dua
faktor yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, yaitu:
·
Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain.
·
Perubahan kebutuhan manusia akibat dari perubahan waktu
dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota
dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi.
Koperasi memberikan
pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dibanding
dengan pesaingnya,maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan
meningkat. Koperasi memerlukan informasi yang datang terutama dari anggota
koperasi untuk meningkatkan pelayanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar