Minggu, 30 Desember 2012

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA


EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA


EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI

Salah satu hubungan penting yang dilakukan koperasi adalah dengan anggota-anggotanya yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan simpanan yang telah di serahkan apakah menguntungan atau tidak. Kalau anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang atau jasa menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual/pembeli diluar koperasi. Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :
·         Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
·         Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, syarat-syarat yang lebih menguntungkan di banding yang diperoleh dari pihak-pihak lain di luar koperasi.

EFEK HARGA dan EFEK BIAYA

Partisipasi anggota sangat menentukan keberhasilan koperasi, sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara normatif. Kemanfaatan ekonomis yaitu berupa pelayanan barang jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien atau adanya pengurangan biaya, di perolehannya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan baik secara tunai maupun dalam bentuk barang. Jika dilihat dari peranan anggota koperasi, maka satiap harga yang ditetapkan koperasi harus dibedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota

ANALISIS HUBUNGAN EFEK EKONOMIS & KEBERHASILAN KOPERASI

Dalam badan usaha koperasi, bukan hanya laba saja yang dikejar oleh manajemen tetapi juga aspek pelayanan. Di tinjau dari konsep koperasi fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota maka idealnya semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota. Keberhasilan koperasi ditentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota yang berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang di dapat oleh anggota.

PENYAJIAN & ANALISIS NERACA PELAYANAN

Di sebabkan oleh perubahab kebutuhan dari anggota dan perubahan lingkungan koperasi. Ada dua faktor yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, yaitu:
·         Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain.
·         Perubahan kebutuhan manusia akibat dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi.
Koperasi memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dibanding dengan pesaingnya,maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat. Koperasi memerlukan informasi yang datang terutama dari anggota koperasi untuk meningkatkan pelayanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar